Menambah Kalori Dengan Baik Dan Benar Untuk Memperoleh Otot Badan Yang Atletis (Bulking)

 Bulking, Apasih bulking itu? Sebelum lanjut mengenai apa itu bulking, dan bagaimana cara melakukan bulking dengan baik dan benar, mari simak artikel ini hingga tuntas, agar kamu mendapatkan penjelasan yang baik dan benar

Bulking


Pengertian Bulking

Bulking adalah, menambah kalori pada tubuh yang bisa melebihi kapasitas kalori dalam tubuhnya untuk menambah berat badan tubuh, biasanya di lajukan 1 - 6 bulan, dan ketika berat badan sudah bertambah, maka akan di lakukan pola menurunkan kalori dari tidur dan makan yang di atur.
Hal ini diharapkan akan membantu proses pembentukan masa otot. Jika diimbangi dengan pola olahraga yang benar, selain masanya, kekuatan otot juga akan ikut bertambah.

Dan ini cara melakukan bulking yang baik dan benar.

Bulking apabila dilakukan dengan cara yang benar, bisa membantu meningkatkan masa otot kamu, dan tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan pada tubuh, namun justru bisa berbanding terbalik apabila kamu melakukan bulking dengan asal²an dalam proses penambahan kalori dalam tubuh tadi.

Agar tidak terjadi hal seperti itu, maka ikuti tahap² di bawah ini untuk melakukan Bulking dengan baik dan benar.

1. Ketahui asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh

Sebelum memutuskan untuk melakukan bulking, kamu perlu tahu dulu berapa jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuhmu dalam sehari. Soalnya, fase bulking mengharuskanmu untuk meningkatkan asupan kalori sebesar 10–20% dari kebutuhan kalori harian.

Kamu bisa menggunakan kalkulator kalori untuk membantu menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Dalam menghitungnya, dibutuhkan informasi terkait berat badan, tinggi badan, jenis kelamin, dan seberapa sering kamu berolahraga.

2. Selektif memilih makanan

Meski kamu dituntut untuk menambah asupan kalori harian normal, bukan berarti kamu jadi boleh makan apa saja. Dalam tahap ini, makanan yang akan kamu konsumsi juga perlu diperhatikan. Sebab, tidak semua makanan tinggi kalori baik untuk menambah masa otot.

Beberapa jenis makanan yang disarankan adalah:

  • Daging, seperti daging sapi, ayam, telur, dan makanan laut
  • Kacang-kacangan, seperti kacang almond dan kacang kenari
  • Sumber minyak sehat, seperti minyak zaitun dan minyak kanola
  • Buah-buahan, seperti apel, alpukat, pisang, anggur, stroberi, kiwi, jeruk, nanas, dan delima
  • Aneka sayuran, seperti brokoli, sawi, wortel, mentimun, jamur, dan paprika
  • Biji-bijian, seperti sereal, oatmeal, dan quiona

Selain itu, kamu disarankan untuk menghindari makanan dan minuman manis, serta gorengan.

3. Perbanyak konsumsi karbohidrat

Pada dasarnya, jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat fase bulking tetap harus mengandung karbohidrat, protein, dan lemak dalam jumlah yang sesuai dengan peningkatan kalori yang ditetapkan selama proses bulking. Namun, penyumbang kalori tertinggi pada umumnya tetap berasal dari karbohidrat.

Berikut adalah rasio nutrisi yang disarankan:

  • 45–60% kalori dari karbohidrat
  • 30–35% kalori dari protein
  • 15–30% kalori dari lemak

Kamu bisa memperoleh karbohidrat dari berbagai sumber, seperti nasi, jagung, ubi, kentang, dan gandum.

4. Minum suplemen

Minum suplemen yang mengandung kreatin dan bubuk protein (protein powder) bisa membantu proses pembentukan otot. Kandungan kreatin bisa memberikan otot energi tambahan supaya kamu bisa berolahraga dan beraktivitas lebih maksimal.

Namun, jika kamu memiliki gangguan ginjal sebelumnya, diskusikan dengan dokter terlebih dahulu perihal penggunaan suplemen kreatin. Soalnya, penelitian menyatakan bahwa ada efek samping yang bisa terjadi jika suplemen kreatin dikonsumsi dalam jumlah berlebihan atau oleh penderita gangguan fungsi ginjal.

Sementara itu, bubuk protein dipercaya bisa membantu memenuhi kebutuhan protein harian yang mungkin tidak terpenuhi dari makanan sehari-hari. Biasanya, suplemen untuk body builder berbentuk bubuk yang dicampurkan dengan air atau susu.

5. Rutin berolahraga

Selain keempat tips di atas, kamu juga perlu rutin berolahraga. Pastikan olahraga yang kamu lakukan adalah olahraga untuk menambah, membentuk, dan menguatkan otot, seperti angkat beban, squat, dan push up.

Itulah penjelasan dari apa itu bulking yang perlu diketahui. Selama dilakukan dengan cara tepat dan konsisten, keinginan untuk memiliki tubuh berotot dan sehat bisa segera terwujud, kok.

Bila setelah menerapkan cara-cara di atas pembentukan otot tidak kunjung berhasil, jangan langsung patah semangat, ya. Cobalah bertanya langsung dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.